Selasa, 26 Mei 2009

KIAT SEHAT USIA SENJA

KIAT MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Kiat Mengatasi Anak Susah Makan
Oleh info
Rabu, 28-Januari-2004, 09:10:56 13490 klik


Balita Anda susah makan? Jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan aturlah strategi. Berikut dr Soeroyo Machfudz SpA(K) MPH dari Yogyakarta memberikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan:



1. Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.

2. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ''Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.'', tutur Soeroyo.

3. Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan yang lain.

4. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak 'dilaparkan' dulu. ''Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.'',
jelas dia.

5. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif. Misalnya, pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau lihat televisi bersama-sama, tidak mau jalan-jalan lagi.

6. Pada anak berusia setelah empat bulan-enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tak alergi susu. Setelah anak berusia enam bulan, lebih bagus membuat bubur sendiri, karena ada macam-macam pilihan sayuran dan lauk-pauk yang bisa mengurangi kejenuhan rasa. Misalnya, hati dengan bayam, kemudian wortel dengan tempe, kangkung dengan tahu, dan sebagainya. Namun, bila dengan makanan tersebut anak mengalami diare atau muntah maka menu harus dievaluasi.

7. Pada saat bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.

8. Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

(sumber: republika.co.id)

posted by dapur sehat marina @ 2:55 AM 0 comments links to this post
maag hindari makanan ini

SAKIT MAAG ? HINDARI MAKANAN INI !



Sakit maag atau nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun seringkali karena anda makan tidak teratur.Perut yang kosong dapat mengkibatkan nyeri pada ulu hati akibat peningkatan asam lambung. Jelaslah bahwa untuk pencegahan masalah lambung/ nyeri ulu hati sebaiknya makan teratur dengan porsi sedikit namun sering dan bila keluhan nyeri tersebut sudah ada , maka beberapa jenis makanan ini sebaiknya dihindari karena dapat menambah iritasi lambung, memperberat fungsi saluran cerna, serta dapat menghasilkan banyak gas dalam saluran cerna yang dapat menambah kembung perut anda . Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari saat nyeri lambung melanda : Ketan , bulgur, jagung, ubi-ubian, daging merah, daging / ikan yang diawet, kacang-kacangan, santan, goreng-gorengan, sayuran mentah, kol, kembang kol, sawi , namngka, oyong, kangkung, daun singkong, sayuran banyak serat, buah-buahan segar/ mentah ( kecuali pepaya dan pisang masak ) , buah yang dikeringkan ( kismis, korma ) soda, alkohol, bumbu tajam, susu , kopi.

posted by dapur sehat marina @ 2:52 AM 0 comments links to this post
KHASIAT BAWANG PUTIH

MANFAAT BAWANG PUTIH

Dr.Yuda Turana

Bawang putih telah digunakan sebagai obat dalam herbal medicine sejak ribuan tahun yang lalu. Pada tahun 2700 – 1900 sebelum masehi bawang putih telah digunakan oleh pekerja-pekerja bangunan piramid sebagai obat penangkal penyakit dan rasa letih. Dan sekitar tahun 460 SM khasiatnya telah dipuji oleh Hipokrates. Saat perang dunia tahun 1914-1918 bawang putih digunakan oleh tentara perancis untuk mengobati luka.

Bawang putih terdiri dari berbagai macam komponen dengan berbagai khasiat antara lain menurunkan kadar kholesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktifitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian juga menunjukkan peranan bawang putih sebagai antioksidan maupun efek anti kanker.

Di Thailand Institute of Scientific and Technological Research dibuat kapsul berisi ekstrak bawang putih yang setara dengan 7 gram bawang putih segar setiap kapsul. Dosis yang dipakai adalah dua kali satu kapsul setiap hari selama 5 bulan. Pada bulan pertama pemberian kholesterol darah meningkat. Hal ini kemungkinan adanya pengikisan dari endapan lemak di pembuluh darah. Kholesterol HDL meningkat setelah 2 bulan pemberian. Kadar kholesterol menurun bermakna setelah 8 minggu, namun penurunan kadar trigliserida baru terjadi setelah 5 bulan pemberian bawang putih.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian minyak esensial bawang putih setara dengan 1 gram bawang putih segar/ kgBB/ hari yang diberikan bersamaan dengan diet tinggi kholesterol, akan menurunkan kadar kholesterol , trigliserida serum. VLDL, LDL dan meningkatkan HDL.

Bacaan lebih lanjut :
1. Sunarto P, Pikir BS. Pengaruh Garlic Terhadap Penyakit Jantung Koroner. Cermin Dunia Kedokteran 1995; 102: 28-32
2. Pinto JT et all. Effects of Garlic of Human Prostate Carcinoma in Cultures. Am J Clin Nutr 1997 ; 66 : 398- 405.

posted by dapur sehat marina @ 2:50 AM 0 comments links to this post
colon hidroterapi

Colon hidroterapi dalam bentuk aslinya disebut enema sudah lama dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengobati penyakit.

Hypocrates sebagai bapak kedokteran ( abad 4 & 5 SM ) tercatat menggunakan enema untuk mengobati demam dan gangguan akut lainnya.

Pada abad ke 17 dikenal jaman enema dan menjadi budaya dan mode bagi orang-orang Paris dimana mereka melakukan tiga sampai empat kali enema perhari karena mereka yakin dapat membersihkan bagian dalam tubuh yang sangat penting untuk kesehatan.

Penggunaan enema mencapai puncaknya masa kejayaan Raja Louis XIV ( 1638 – 1715 ) . William Lieberman melaporkan bahwa Raja Louis XIV melakukan lebih dari 2000 enema selama masa pemerintahannya bahkan kadang-kadang menerima pejabat pemerintahan atau tamu pada saat melakukan enema.

Terapi ini kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Dr Kellogg yang dilaporkan pada journal of American Medicine 1917 dimana lebih dari 40.000 kasus gangguan pencernaan telah dapat diatasi dengan colon hidroterapi diikuti dengan pengaturan pola makan dan olah raga.

James A Wiltsie,.MD yang berpendapat bahwa pengetahuan kita mengenai fisiologi, patologi dan pengelolaan dari usus besar dapat berefek pada organ lain dan sistem dari tubuh kita , sehingga bila kita memperhatikan usus besar kita dengan baik maka secara tidak langsung menjadi sumber kesehatan bagi tubuh kita.

Ron kennedy,. MD merekomendasikan colon hidroterapi untuk mencegah masalah usus besar. Dalam suratnya tahun 1992 untuk Colifornia Health and Human Sevich Community dia mengatakan ;

" saya sudah mempelajari pelaksanaan colon hidroterapi lebih dari dua tahun, dan saya menyimpulkan bahwa itu merupakan prosedur yang sangat berguna sebagai salah satu metode pencegahan terhadap problem usus.

Pada dekade terakhir ini penggunaan colon hidroterapi untuk menjaga kesehatan dan terapi penyakit semakin berkembang baik mengenai teori maupun dalam bidang prakteknya sehingga prosedur colon hidroterapi saat ini sudah diakui dan disetujui penggunaannya oleh FDA.

PENTINGNYA USUS BESAR YANG BERSIH

Seperti kita ketahui usus besar ini merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan yang mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Tempat mengumpulkan sisa makanan yang kemudian akan dibuang melalui anus.
2. Tempat mengabsorbsi air dan beberapa mineral.
3. Tempat pertumbuhan bakteri, dimana bakteri dalam usus besar ini dapat membentuk beberapa jenis vitamin yaitu vitamin B dan K yang kemudian diabsorbsi oleh tubuh.

Melihat fungsinya maka kerja usus besar yang baik ini merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Ketidak seimbangan fungsi usus ini dapat mengakibatkan penumpukan racun ( toksin ) yang melalui sistem peredaran darah dan limfatik akan tersebar ke seluruh tubuh kita dan menimbulkan penyakit.

Gangguan fungsi pada usus besar ini secara garis besar dapat disebabkan beberapa hal yaitu :

1. Pola makan

Menu makan yang didalamnya kurang mengandung serat disertai kurang minum mengakibatkan faces ( kotoran ) yang akan dikeluarkan menjadi keras sehingga akan tertahan lama di usus besar ( Normalnya dalam satu hari kita buang air besar satu sampai dua kali ) mengakibatkan faces ( Kotoran ) menjadi asam sehingga mengiritasi mucosa usus besar yang lama kelamaan mucosa tersebut akan berubah ( mutasi ) ke arah keganasan.

2. Keseimbangan bakteri baik didalam usus

Didalam sistem pencernaan yang baik terdapat kira-kira 60 macam varietas dari bakteri atau mikroflora yang berguna untuk membentuk beberapa zat makanan yang penting serta membantu menjaga keseimbangan PH dan bakteri yang tidak baik didalam usus. Bila keseimbangan bakteri ini terganggu maka akan terjadi gangguan pada saluran pencernaan dan penyakit autointoksikasi ( selanjutnya akan diterangkan pada bab penyakit autointoksikasi ).

3. Peristaltik Usus yang baik

Diperkirakan usus 50 kali berkontraksi permenitnya. Kontraksi ini memungkinkan makanan bergerak pada saluran pencernaan dan membantu mengoptimalkan absorbsi makanan serta membuang sisa makanan.

4. Keteraturan buang air besar

Keteraturan buang air besar sangat berguna untuk membuang racun ( Toksin ) yang dihasilkan dari pembusukan dan fermentasi.

Menurut Joseph Vargas,. Phd direktur dari Wholistic Health Center di Houston Texas keteraturan buang air besar untuk mencapai pembuangan racun ( Toksin ) dari tubuh dapat terjadi bila dalam sehari kita dapat buang air besar dua sampai tiga kali sehari secara teratur.

Kini kita paham betapa pentingnya kebersihan usus besar ( Colon ) ini buat kesehatan, yang mana bila kebersihan usus ini tidak dijaga atau diperhatikan akan menimbulkan keluhan - keluhan kesehatan serta penyakit degeneratif pada tubuh kita.

PENYAKIT AUTOINTOKSIKASI

Penyakit autointoksikasi adalah :

Penyakit yang disebabkan karena keracunan dari dalam tubuh sendiri.

Kita ketahui usus besar merupakan bagian dari saluran pencernaan yang berperan sebagai tempat mengumpulkan sisa makanan, mengabsorbsi beberapa zat makanan yang masih dibutuhkan didalam tubuh seperti mineral dan air serta tempat pertumbuhan bakteri.

Bila fungsi ini terganggu seperti yang telah dibahas dalam bab sebelumnya maka racun ( Toksin ) yang berasal dari sisa-sisa makanan akan terbentuk dan kemudian oleh sistem peredaran darah akan dilepas ke seluruh tubuh mengakibatkan setiap sel didalam tubuh kita keracunan sehingga kemampuan sel untuk meregenerasi hilang yang kemudian akan menimbulkan penyakit.

Sebenarnya yang menjadi penyebab terjadinya penyakit autointoksikasi ini adalah Proses pembusukan yang terjadi didalam usus besar .

Proses pembusukan ini terjadi karena ketidak seimbangan bakteri yang terdapat didalam usus besar.

Ada 2 macam penggolongan bakteri didalam saluran pencernaan :

1. Bakteri pembusuk

Bakteri pembusuk ini dimasukkan ke dalam golongan bakteri Coliform, salah satu yang termasuk didalamnya adalah Escherichia coli.

Bakteri coliform ini menghasilkan zat ethionine yang pada penelitian menyebabkan kanker. Bakteri-bakteri pembusuk ini juga memproduksi bermacam-macam racun seperti Indole, skatole yang dapat menimbulkan penyakit bila berlebih didalam tubuh.

2. Bakteri baik

Untuk mengimbangi bakteri pembusuk ini didalam saluran pencernaan juga terdapat bakteri baik. Bakteri baik ini dimasukkan kedalam golongan Loctobakteri.

Yang termasuk didalamnya adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, Streptococcus.

Menurut Dr John Harvey Kellog komposisi ideal dari bakteri didalam saluran pencernaan adalah 85% lactobacteria ( bakteri baik ) dan 15% coliform bakteri ( Bakteri pembusuk ).

Bila komposisi ini terjadi perubahan maka akan terjadi gangguan pencernaan serta penyakit autointoksikasi.

Berikut data gejala penyakit akibat Autointoksikasi yang dikemukakan oleh Dr Bernard Jensen :

- Asma, Gangguan paru-paru Lain

- Bisulan, Borokan, Eksim, Gatal-gatal pada kulit

- Gangguan Endokrin

- Gangguan Irama Jantung

- Gangguan Pencernaan ( Mis : Kembung. Mual-mual, Konstipasi, Diare ) dan gangguan Penyerapan

- Macam-macam Tumor/ kanker Hati,Usus Besar, Pancreas

- Macam-macam Sakit Kepala

- Cepat Tersingguna, Pemarah, Letih Lesu, Gairah Menurun, Depresi

- Gangguan kandung Kemih, Gangguan ginjal, Batu ginjal

- Keriputan, Flek-flek pada kulit, Jerawatan

- Dan lain-lain

OBAT-OBAT PENCAHAR
( LAKSANSIA )& ENEMA

Banyak orang menganggap obat-obat pencahar sebagai obat yang tidak berbahaya dan boleh digunakan setiap waktu. Tetapi sebetulnya penggunaan laksansia yang kerap kali dapat berbahaya karena dapat mengakibatkan :

A. Pertama-tama absorbsi yang layak dari bahan-bahan gizi dalam usus kecil terganggu.
B. Sintesis vitamin-vitamin oleh bakteri didalam usus besar ( vitamin K & B ) juga dicegah.
C. Disamping kerugian-kerugian gizi ini, juga mineral-mineral ( Kalium & Natrium ) yang penting bagi tubuh tidak diabsorbsi kembali dalam usus besar sehingga dapat menyebabkan antara lain kelemahan otot-oto

Penggolongan obat pencahar dilakukan atas dasar mekanisme kerja dan sifat kimianya yaitu :

A. Laksansia yang tergolong perangsang dinding usus

Laksansia dalam golongan ini merangsang secara langsung saluran usus sehingga mempertinggi peristaltiknya dan mengakibatkan pengeluaran isis usus dengan cepat.

B. Laksansia yang tergolong memperbesar isi usus

- Menahan air dalam usus

Cara kerja obat golongan ini ialah air dari luar usus ditarik kedalam usus ( Proses osmosa } , dimana air yang banyak ini merupakan suatu rangsangan mekanik pada dinding usus sehingga usus mempertinggi kegiatan peristaltiknya dan mengakibatkan pengeluaran isi usus yang telah menjadi cair dengan cepatnya


- Karena mengembang

Kasiatnya juga berdasarkan retensi air , sedangkan zat-zatnya sendiri tidak diserap.

C. Laksansia yang tergolong Pelicin

Golongan ini mempermudah defekasi karena memperlunak tinja dan melicinkan jalannya caranya dengan memasukan zat cair misalnya glycerin, air sabun atau minyak zaitun ke dalam rektum sehingga terjadi peregangan dinding rektum dan defekasi pun terjadi . Enema termasuk didalam golongan ini.

Kalau mau dilihat cara kerja dari obat-obat pencahar golongan merangsang dinding usus dan yang golongan memperbesar isi usus maka kita dapat lihat bahayanya bila digunakan setiap waktu atau untuk proses detoksifikasi.

Zat pencahar yang dapat digunakan sealamiah mungkin dengan mengunakan golongan pelicin ( Enema termasuk didalamnya ).

Hanya kekurangannya pada golongan ini untuk dapat membersihkan usus besar sampai ke sekum tidak dapat tercapai karena dengan golongan ini hanya dapat terjadi sampai dengan Kolon desenden sehingga penggunaan enema kurang efektif untuk melakukan detoksifikasi ( menghilangkan racun dari tubuh ).

COLON HIDROTERAPI

Colon hidroterapi adalah pengembangan yang lebih lengkap dari enema dan merupakan cara yang aman untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan dan racun dari usus besar tanpa menggunakan obat-obatan,tetapi hanya dengan air yang telah difilter sehingga bebas dari bahan kimia beracun dan disterilisasi dengan ultra violet.

Dibandingkan dengan enema dalam prosesnya menggunakan colon hidroterapi mempunyai beberapa kelebihan :

1. Proses pembilasan usus besar dapat dikontrol sehingga hasilnya dapat lebih optimal.

2. Memperlama keinginan alami pasien untuk membuang air besar sehingga hasilnya lebih bersih dalam membuang sisa-sisa makanan dan racun yang menempel pada dinding usus besar.

3. Pengisian airnya dapat sampai caecum.

4. Selama proses tidak menimbulkan bau yang menusuk.

5. Mempunyai resiko lebih kecil .

Sistemnya adalah memasukan alat berbentuk spekulum atau rectal tube kecil ke dalam rectum antara 1 – 3 inchi. Suhu air disesuaikan dengan suhu tubuh dan tekanan dapat diatur. Air dialirkan melalui rectum ke dalam usus besar dengan tujuan membersihkan colon dengan cara menghancurkan dan melarutkan feses untuk memudahkan pengeluarannya , usus besar dengan bantuan manipulasi pemijatan dari abdomen selama proses untuk meningkatkan pengeluaran feses secara maksimum.

Efek terapeutik dari colon hidroterapi adalah meningkatkan tonus otot dari usus besar sehingga meningkatkan peristaltik dan absorbsi dari zat-zat makanan serta air di caecum dan colon ascendens.

Efek pembersihan dari colon hidroterapi mengurangi stagnasi dan pembentukan bakteri patologis dalam colon akibat proses fermentasi dan membantu membuat keseimbangan flora di dalam usus sehingga mengoptimalkan kesehatan. Proses pengisian dan pengosongan air diulang 4 kali selama sekitar 1 jam terapi.

INDIKASI DAN ALASAN

Ada tiga alasan penting mengapa dokter menganjurkan colon hidroterapi :

1. Konstipasi atau sembelit ( susah buang air besar ), pengamatan kami setelah dilakukan terapi 6 kali disertai pengaturan pola makan keluhan tersebut hilang.

2. Persiapan diagnosa usus besar ( Barium enema, Sigmoidoskopy, Colonoscopy ).

3. Persiapan pre dan post operasi

Adakalanya dokter juga menganjurkan colon hidroterapi untuk penderita :

1. Diare
2. Latihan buang air besar pada penderita stroke
3. Arthritis
4. Penyakit Autointoksikasi ( Penyakit akibatToksin yang diserap melalui kerusakan sel mukosa usus besar }
5. Dll

KONTRAINDIKASI

Berikut ini adalah daftar kontraindikasi yang diketahui :

1. Uncontolled Hypertension

2. Congestive Heart Failure

3. Aneurysm

4. Severe Anemia

5. Gastrointestinal hemorrhage

6. Gastrointestinal perforation

7. Severe hemorrhoids

8. Renal Insufficiency

9. Cirrhosis

10. Carcinoma of the colon

11. Fissures dan Fistulas

12. Abdominal Hernia

13. Recent colon surgery ( Less than 3 months )

14. Pregnancy

RESIKO DAN KEAMANAN

Colon hidroterapi akan aman dan sangat kecil kemungkinan timbulnya resiko jika diperaktekkan dengan cara yang benar sesuai prosedur oleh terapis ( operator ) yang sudah terlatih dan mengunakan peralatan yang sudah diregistrasi oleh FDA.

INTERAKSI DENGAN OBAT LAIN

Colon hidroterapi diketahui tidak bereaksi dengan obat-obatan lain. Dikarenakan prosedur tersebut hanya menggunakan air yang difilter dan disterilisasi dengan ultra violet.

PRODUK ALAT COLON HIDROTERAPI

Peralatan Colon hidroterapi modern seharusnya diproduksi memenuhi peraturan ketat dari FDA yang memerlukan ketelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.

Peralatan yang diregistrasi FDA memiliki keunggulan dalam pengaturan temperatur, ketentuan tekanan dan memiliki sistem filter air serta menggunakan ultra violet untuk mematikan bakteri yang mungkin terdapat pada air. Alat ini di rancang dengan katub-katub yang sesuai untuk mencegah aliran balik.

Untuk menjamin keamanan pasien peralatan ini menggunakan disposible spekulum.

Keamanan dan efektifitas peralatan colon hidroterapi telah diperkuat dengan perundang-undangan Medical Device Amendements 1976 yang kemudian direvisi dan dikembangkan pada Federal Food, Drugs and Cosmetic Act . Undang-undang ini kemudian diamandemen oleh Safe Medical Device Act 1990 dan Medical Device Amendments 1992. Undang-undang ini mengatur ketentuan pembuatan dan penjualan dari alat Colon hidroterapi.

posted by dapur sehat marina @ 2:47 AM 0 comments links to this post
KIAT SEHAT USIA SENJA

Panjang umur dan awet muda menjadi dambaan setiap insan sejak jaman dahulu , banyak cara yang dilakukan oleh raja-raja dan permaisuri di seluruh belahan dunia untuk dapat panjang umur.

Kemajuan ilmu kedokteran barat telah terbukti berhasil menekan angka kematian karena penyakit infeksi dan meningkatkan usia harapan hidup seseorang, sehingga semakin banyak saja jumlah manusia lanjut usia ( Lansia ) yang dapat mencapai usia di atas rata-rata hidup.

Di Indonesia angka harapan hidup semakin meningkat. Pada tahun 1980 angka tersebut 54 tahun untuk wanita dan laki-laki 50,9 tahun. Pada tahun 1985 meningkat lagi 61,5 tahun untuk wanita dan 57,9 tahun untuk laki-laki sedangkan pada tahun 1990 telah mencapai 64,7 tahun untuk wanita dan 62,9 tahun untuk laki-laki.

Perubahan demografi ini akan berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan usia lanjut, baik secara individu maupun dalam kaitannya dengan keluarga dan masyarakat.

Permasalahan khusus yang dapat terjadi pada usia lanjut adalah :

- Proses ketuaan yang terjadi secara alami dengan konsekuensi timbulnya masalah fisik, mental, dan sosial.
- Perubahan sosialisasi karena produktivitas yang mulai menurun, berkurangnya kesibukan sosial dan interaksi dengan lingkungan.

. Produktivitas yang menurun dengan akibat terbatasnya kesempatan kerja karena kemampuan dan keterampilan menurun, namun kebutuhan hidup terus meningkat.

. Kebutuhan pelayanan kesehatan terutama untuk kelainan degeneratif yang memerlukan biaya tinggi.

Permasalahan tersebut diatas membawa kita bahwa panjang umur saja tidak berguna bila menderita berbagai macam penyakit ketuaan serta ketidak mampuan fisik dan mental yang prima untuk menjadi sumber daya manusia yang optimal.

Kemajuan pesat di bidang teknologi kedokteran dan riset rahasia kesehatan dan ramuan tradisional secara modern didukung bukti-bukti ilmiah yang nyata lebih memungkinkan kita dapat menyiasati hidup ini agar dapat mencapai panjang umur dan tetap sehat di usia tua.

Menjadi tua adalah proses alamiah yang biasanya disertai perubahan kemunduran fungsi dan kemampuan sistem yang ada di dalam tubuh sehingga terjadi penyakit degeneratif.

Kecepatan terjadinya proses penuaan selain tergantung pada faktor-faktor rancang bangun setiap mahluk hidup yang merupakan faktor keturunan dan tidak dapat dirubah, juga tergantung dari faktor-faktor luar yang selama bertahun-tahun merusak kebugaran dan kesehatan tubuh misalnya : kerja yang melebihi batas kemampuan tubuh, kebiasaan hidup sehat yang tidak dijalankan dengan benar, faktor lingkungan lain yang memapar kita hampir setiap hari dan sulit dihindari atau dihilangkan.

Di bawah ini adalah beberapa pemicu utama yang terdapat di lingkungan yang membuat kita beresiko terjadinya penuaan dini :

Asap rokok : Bila kita sering terpapar asap rokok orang lain di rumah, di kantor, atau di tempat lain maka ada kemungkinan kita akan terlihat semakin cepat tua.

Pencemaran udara : Pada tahun 1993 dimuat di majalah New England Journal Of Medicine oleh D.W Dockery dan rekan kerjanya mengevaluasi pencemaran udara dan mendapatkan angka kematian pada enam kota besar di Amerika sangat tinggi.

Sinar Matahari dan sinar Ultra violet lain : Terpapar oleh matahari, sinar ultra violet lainnya mempercepat proses penuaan. Umumnya terpapar selama 30 menit oleh sinar matahari setiap hari sudah cukup untuk menyehatkan kita, termasuk pembentukan vitamin D yang cukup dalam tubuh kita. Lebih dari itu tidak baik dan dapat menyebabkan kanker kulit.

Suatu strategi yang dapat kita lakukan agar dalam usia lanjut tetap sehat dan mempunyai kemampuan untuk mandiri selama mungkin , tetap produktif dan turut berperan akif dalam pembangunan adalah :

I . Pola hidup sehat meliputi :

Hindari stress

Setiap jaringan di dalam tubuh dikendalikan oleh suatu interaksi kompleks bahan-bahan kimiawi yang beredar dalam aliran darah dan hormon-hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar kelenjar endokrin yang dikendalikan oleh kelenjar utama yang berada di otak , sehingga proses-proses intelektual dan emosi yang terjadi di tempat lain di dalam otak mempengaruhi tubuh kita. Sampai saat ini kita belum memahami dengan jelas cara bagaimana bahan-bahan kimiawi otak berkaitan dengan gagasan dan emosi, tetapi hal yang penting adalah bahwa keadaan pikiran kita mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kesehatan tubuh kita.

Ketegangan, kecemasan, stres, emosi pasif seperti berkabung, merasa gagal, amarah yang ditekan menghasilkan hormon-hormon yang menekan sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu pengendalian stres sangatlah penting untuk menuju hari tua yang sehat dan tetap berkualitas

Cukup istirahat dan rekreasi

Pada umumnya orang dewasa dianggap cukup istirahat apabila dapat tidur nyenyak 6 – 8 jam dalam 1 hari . Istirahat ini sangat perlu bagi sel-sel tubuh kita untuk dapat beregenerasi

menggantikan sel-sel tubuh yang sudah tidak baik lagi atau rusak. Sayangnya , justru banyak lanjut usia yang punya keluhan tidak dapat tidur karena stres dan adanya gangguan berbagai macam penyakit seperti rematik, penyakit jantung koroner, kencing manis dan kanker.

Dengan membiasakan tidur teratur dan cukup istirahat serta selalu berusaha mempertahankan kesehatan tubuh dan memeriksakan diri secara teratur pada dokter keluarga terhadap penyakit yang di derita akan membuat hari tua yang lebih baik dan berguna.

Rekreasi juga merupakan salah satu faktor penting untuk dapat menghindari stres dan Melepaskan ketegangan sehingga seseorang menjadi rileks . Cukup rekreasi membuat

seseorang menjadi lebih tenang dan terlepas dari segala persoalan yang menghimpit,sehingga lebih memudahkan seseorang dapat istirahat dan tidur lebih banyak.

Cukup Olah raga

Berolah raga secara teratur kemungkinan menderita sakit lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kerjanya hanya duduk-duduk saja. Olah raga sangat bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan kita untuk menghadapi stress. Olah raga telah terbukti berhasil mengatasi depresi , juga merupakan senjata yang ampuh melawan penyakit jasmani. Jenis dan takaran olah raga bersifat individu sehingga perlu di konsultasikan dengan dokter keluarganya.

Makan cukup gizi dan berimbang

Nutrisi yang baik merupakan bagian yang penting bagi setiap orang yang mau hidup hari tuanya berguna dan bebas dari penyakit degeneratif.

Untuk memenuhi kecukupan gizi sangat dianjurkan penganeka ragaman makanan, agar semua zat gizi yang di perlukan oleh tubuh dapat dipenuhi dari makanan.

Untuk menghambat proses degeneratif selain kecukupan gizi juga penting diperhatikan keseimbangan gizi sehingga masing-masing zat gizi tersedia dalam jumlah cukup dan ratio yang optimal sehingga tubuh dapat memperoleh cukup energi , cukup memproduksi hormon, enzym, dan zat kekebalan lain yang sangat diperlukan tubuh, dan juga dapat menggantikan bagian – bagian sel yang rusak.

Kekurangan gizi akan mengakibatkan tubuh dapat menjadi sakit, tetapi kelebihan gizi dalam hal ini obesitas berakibat kurang baik dan juga dapat menimbulkan berbagai macam kelainan yang mempercepat terjadinya berbagai macam penyakit degeneratif.

Mempertahankan berat badan ideal

Berat badan ideal seseorang dapat dihitung secara kasar dengan rumus sbb :

BB Ideal = ( TB – 100 ) Kg – 10 % ( TB – 100 ) Kg
Mis: TB = 165 cm
BB Ideal = ( 165 – 100 ) – 10 % ( 165 – 100 )
= 65 – 6,5
= 58,5 Kg

Untuk mempertahankan berat badan ideal, harus ada keseimbangan antara masukan gizi makanan dan energi yang dibutuhkan.

Masukkan gizi diperoleh dari makanan sehari-hari yang diatur dan disesuaikan dengan berat badan dan tinggi badan serta kondisi penyakit yang menyertai dan kebutuhan energi yang diperlukan dimana setiap orang itu berbeda sehingga pengaturan berat badan ideal itu perlu ditangani oleh tenaga medis dalam upaya menjadi sehat di hari tua..

Hindari merokok dan Alkohol

Tembakau banyak di hubungkan dengan peningkatan terjadinya arterosklerosis, kanker , penuaan dini dan penyakit degeneratif

Hindari polutan

Dalam era industrialisasi seperti sekarang ini, sungguh sangat tidak mudah menghindari diri

dari polutan yang masuk kedalam tubuh. Kendati demikian kita dapat meminimalisasi ancaman polutan terhadap kesehatan kita dan membuat hidup kita lebih panjang serta menjadi lebih produktif dengan olah raga yang telah disesuaikan dengan umur, penyakit yang diderita , mengkonsumsi suplemen antioksidan , dan tata menu makanan yang benar

II. Preventive dan terapi alternatif

Relaksasi

Relaksasi adalah suatu jenis terapi untuk penanganan kegiatan mental dan menjauhkan tubuh dan pikiran dari rangsangan luar untuk mempersiapkan tercapainya hubungan yang lebih dalam dengan Pencipta. Teknik relaksasi ini dapat dicapai dengan metode hipnosis , meditasi yoga, dan bentuk latihan-latihan yang ada hubungan dengan penjajakan pikiran. Meditasi

Meditasi adalah merupakan metode dimana kita untuk sementara waktu dapat berhenti mendengar tekanan dan gangguan kehidupan sehari-hari dan dengan demikian mampu menerima hal-hal lain seperti perasaan dan gagasan kita yang lebih dalam, produk pikiran tak sadar kita, kedamaian, dan kesadaran spiritual. Meditasi bila dilakukan dengan latihan dan bimbingan yang benar dapat membantu kita untuk dapat berkonsentrasi dan tidak lagi bereaksi sedemikian kuat terhadap tekanan-tekanan dari luar. Manfaat jasmani meditasi akhir-akhir ini telah terdokumentasi dengan baik oleh peneliti-peneliti medis barat, terutama Dr Herbert Benson. Meditasi cenderung menurunkan atau menormalkan tekanan darah, detak jantung, dan tingkat hormon stres dalam darah. Pendek kata meditasi mengurangi keausan dan kerusakan , baik pada tubuh maupun pikiran, sambil menolong orang untuk hidup lebih baik serta lebih lama.

Visualisasi

Antropolog claude levi strauss mengamati bahwa sebagian besar pengobatan tradisional di seluruh dunia di dasarkan pada manipulasi psikologis terhadap organ yang sakit dengan cara visualisasi yang sangat hidup yang dibawa ke dalam alam pikiran pasien.

Visualisasi memanfaatkan apa yang barangkali bisa disebut kelemahan tubuh dimana tubuh tidak dapat membedakan antara pengalaman mental yang begitu hidup yang kita masukan ke dalam pikiran kita dengan pengalaman fisik sesungguhnya.

Satu-satunya persyaratan untuk mencapai keberhasilan visualisasi adalah berkembangnya daya imajinasi kita.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam tahun 1984, dr Nicholas Hall dari George Washington Medical Center di Washington, D.C , menemukan bahwa visualisasi meningkatkan jumlah sel darah putih yang beredar dan juga timosin alfa 1 yang berguna meningkatkan jumlah sel darah putih yang disebut sel T helper.

Menggunakan teknik visualisasi gambaran atau imajinasi yang dilakukan harus dipilih oleh orang itu sendiri dimana gambaran ini harus merupakan gambaran yang dapat dilihat oleh orang itu di mata jasmaninya. Bayangan atau imajinasi ini harus merupakan bayangan yang dirasa betul-betul nyaman bagi si pasien.

III. Menggunakan Healing Nutriens ( Makanan Kesehatan )

Makanan kesehatan ini adalah sekelompok suplemen gizi, dapat berupa ramuan tradisional yang diolah secara modern, maupun hasil riset ilmiah yang kemudian di olah dengan teknologi tinggi dan dipercayai memberi khasiat yang baik terhadap kesehatan untuk melengkapi zat gizi yang dibutuhkan tetapi belum cukup didapatkan dalam menu makanan sehari-hari dan mampu menghambat beberapa penyakit degeneratif. Makanan kesehatan ini walaupun ada yang berbentuk seperti pil atau kapsul, sebenarnya bukan suatu obat karena tidak mengandung suatu bahan kimia sintetik tetapi hanya mengandung suatu gizi pilihan dalam kosentrasi tinggi sehingga tidak menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh. Lain dengan obat yang hanya diminum pada saat sakit saja, untuk mendapat manfaat yang optimal dari makanan kesehatan , maka makanan kesehatan ini harus dimakan terus menerus meskipun sudah merasa lebih sehat dan kwalitas hidup sudah meningkat. Healing Nutriens yang dapat digunakan antara lain :

Vitamin , Mineral & Antioksidan

Banyak dokter terkemuka dan lembaga-lembaga kesehatan yang tidak mendukung penggunaan suplemen vitamin dan antioksidan berapapun jumlahnya walaupun dengan dosis sedikit lebih kecil , tetapi dengan penelitian yang berkembang akhir-akhir ini terhadap penggunaan vitamin dan antioksidan itu ternyata sangat bermanfaat. Tentunya kombinasi vitamin dan antioksidan yang digunakan sangat tergantung dari usia, jenis kelamin, tingkat kegiatan, serta bobot badan dan penyakit yang menyertainya sehingga penggunaan vitamin dan antioksidan ini sangat diperlukan konsultasi dengan dokter keluarga anda. Garlic

Garlic atau bawang putih sudah sejak lama dikenal sebagai bahan obat alami yang mempunyai khasiat untuk menyehatkan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit infeksi. Dalam perkembangan ilmu kedokteran modern, garlic ternyata masih mempunyai tempat istimewa dan setelah didukung penelitian di pusat pusat penelitian ilmu kedokteran terkemuka di dunia, garlic semakin diakui manfaat dan khasiatnya. Khasiat garlic antara lain ; Menurunkan kadar lemak darah, Anti septik, anti bakteri, anti jamur, anti virus, menetralkan racun logam berat seperti timah hitam, mercury, copper dan aluminium, melindungi sel darah merah dari kerusakan, anti kanker , pemacu kekebalan tubuh, , dll.

Squallene

Squallene adalah makanan kesehatan alami yang diperoleh dari ekstrak hati ikan hiu botol , yang mempunyai senyawa hidro karbon tak jenuh dan bekerja aktif sebagai chelating agent, mudah diserap tubuh dan sebagai bahan baku steroid untuk pembentukan antibodi, hormon dan enzim.

Omega 3, 6

Belajar dari orang-orang Eskimo di Greenland yang banyak sekali mengkonsumsi lemak ikan, tetapi hampir tidak pernah ditemukan kasus penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi, bahkan pada pemeriksaan darahnya didapatkan kadar lemak yang sangat rendah, dilakukan penelitian lebih lanjut dan didapatkan bahwa ikan yang dikomsumsi tersebut mengandung 2 jenis zat penting berupa asam lemak tak jenuh ikatan rangkap yaitu omega 3 & 6.

Kedua jenis asam lemak tersebut mempunyai efek menurunkan kadar lemak darah ( Trigliserida ) dan tergolong asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri, maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu diatur dalam menu yang dikonsumsi setiap hari.

Dengan mengetahui dan memahami petunjuk mengenai pola hidup sehat, manfaat dan khasiat terapi alternatif dan menggunakan healing nutriens ( Makanan kesehatan ) diharapkan dapat memperluas wawasan mengenai pemeliharaan dan perawatan kesehatan, sehingga dapat mencapai hidup panjang umur, sehat dapat berkwalitas seperti yang di cita-citakan.

Sumber :

. Sehat tanpa obat By dr Kenneth H. Copper
. Cinta, Pengobatan & mukjizat By Bernie S. Siegel, MD
. Pedoman pembinaan kesehatan usia lanjut oleh Depkes RI

posted by dapur sehat marina @ 2:44 AM 0 comments links to this post
APA YANG DILAKUKAN JIKA PROGRAM DIET MANDEK

last update : 28 September 2003
APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA PROGRAM PENURUNAN BERAT BADAN ANDA MANDEK ?

www.medikaholistik.com

Bila anda sudah melakukan program penurunan badan dengan diet tetap tidak turun, lakukanlah olahraga secara teratur. Bila sudah olah raga masih mandek juga, tambahlah porsi olahraga anda. Asupan makanan masih dapat dikurangi sampai batas tertentu. Kalau saat itu anda masih sarapan nasi , nasi boleh ditiadakan karena tubuh masih mendapat hidrat arang dari sumber-sumber lain. Lauk pauk dan sayuran tetap dikonsumsi. Makanlah nasi hanya pada waktu makan siang. Namun perlu anda ingat bahwa karbohidrat tidak boleh dihilangkan keseluruhannya karena dapat mengakibatkan anda lemas, pusing bahkan mungkin pingsan akibat gula darah yang turun. Penurunan asupan gizi sebaiknya tidak dilakukan terlalu drastis supaya tidak menyebabkan ‘penyakit’ dalam tubuh anda. Lebih abik olahraga saja yang digiatkan. Kalau kita tidak makan apapun pada saat mestinya makan , yang mula-mula hilang dari tubuh adalah cairan. Kalau anda masih tidak makan juga lama-kelamaan setelah sumber cadangan lemak habis maka otot anda dipecah menjadi energi. Hal ini jangan sampai terjadi karena dapat menyebabkan otot menjadi kecil dan sulit digerakan.

Tidak ada komentar: