Selasa, 07 April 2009

Konsep Dasar Basis Data

Praktikum : 1
Judul Praktikum : Konsep Dasar Basis Data
Alokasi Waktu : 1 X 110 menit

1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
o Mahasiswa mengerti tentang konsep basis data .
o Mahasiswa mengerti data dan informasi .
o Mahasiswa mengerti perangkat lunak dalam manajemen basis data .
o Mahasiswa mengerti penggunaan basis data dalam dunia perkebunan dan pertanian .

2. Teori.
Berikut ini beberapa pengertian dari Basis data :
1. Kumpulan data berisi informasi suatu sistem.
2. Mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data.
3. Kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas suatu sistem atau lebih yang saling berhubungan .
Data merupakan :
1. Fakta yang diperoleh diLapangan
2. Diperlukan suatu proses agar data bisa digunakan
Sedang Informasi merupakan :
1. Hasil dari pengolahan data
2. Sebagai acuan dalam pengambilan keputusan
3. Transformasi data
Contoh perangkat lunak dalam manajemen basis data adalah Microsoft Access , Microsoft SQL Server, MySQL , PostgreSQL, Oracle, Informix, Sybase, DB2, Interbase , dll .

3. Alat dan Bahan.
 BKPM
 Komputer

4. Pelaksanaan Praktikum.
a. Menyimak penjelasan dosen tentang materi konsep dasar basis data .
b. Coba cari materi tentang konsep basis data di internet.
c. Coba cari materi – materi yang berhubungan dengan pengolahan basis data pada bidang perkebunan dan pertanian melalui media internet .

5. Tugas.
Diskusikan tentang materi konsep basis data yang telah dicari dalam internet dengan kelompokmahasiswa dan staff pengajar. Serta diskusikan juga tentang materi yang berhubungan dengan pengolahan basis data pada bidang perkebunan dan pertanian yang telah dicari dalam internet !








1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
o Mahasiswa mengerti aplikasi Microsoft Access
o Mahasiswa mengerti tool dan media kerja dalam Microsoft Access

2. Teori.
DataBase Management Systems ( DBMS ) adalah perangkat lunak yang didesain untuk membantu dan memelihara untuk memanfaatkan kumpulan data yang besar guna diolah untuk menghasilkan informasi. Salah satu DBMS yang mudah penggunaanya adalah Microsoft Access .
Banyak kemudahan yang dapat didapatkan dengan menggunakan Microsoft Access, yaitu dapat mengelola berbagai jenis data menjadi dengan mudah dan dengan kapasitas penyimpanan data yang tidak terlalu besar. Diantaranya dapat juga melakukan proses penyortiran, pengaturan data, pembuatan label data serta membuat laporan kegiatan sehari-hari sesuai dengan kebutuhan kerja.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Komputer
 Aplikasi Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek
Memulai Microsoft Access
a. Untuk menjalankan aplikasi Microsoft Acces , dengan cara : Start | All Programs | Microsoft Office | Microsoft Access , seperti berikut :


b. Kemudian akan muncul tampilan aplikasi Microsft Access sebagai berikut :


Lembar Kerja Microsoft Access
c. Berikut keterangan mengenai komponen lembar kerja Microsft Access berdasarkan gambar diatas :
No Simbol Nama Keterangan
1 A Control Menu Berupa ikon aplikasi, biasanya digunakan untuk mengubah ukuran jendela aplikasi, memindahkan letak jendela aplikasi serta dapat juga keluar dari aplikasi Microsoft Access
2 B Title Bar Berfungsi untuk menampilkan nama dari jendela aplikasi tersebut .
3 C Menu Bar Berfungsi untuk menampilkan pilihan menu atau perintah dalam mengoperasikan Microsoft Access .
Misalnya menu File , Edit, View dan sebagainya
4 D Tool Bar Sekumpulan tombol yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu dalam mengoperasikan Microsft Access
5 E Minimize Tool Berfungsi untuk meminimalkan ukuran jendela Microsft Access.
6 F Maximize Tool Berfungsi untuk memaksimalkan ukuran jendela Microsft Access.
7 G Close Tool Berfungsi untuk menutup jendela atau keluar dari aplikasi Microsft Access.
8 H Status Bar Berfungsi untuk menampilkan status aktif dari lembar kerja Microsoft Access. Misalnya : status aktif Caps Lock, Num Lock, Scroll Lock, dll

d. Pelajari fungsi dari komponen lembar kerja pada aplikasi Microsoft Access !

Memulai BasisData ( database ) dalam Microsoft Access
e. Untuk memulai bekerja dengan basis data, terlebih dahulu dibuat database dengan cara : File | New seperti berikut :

f. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut :

g. Untuk kegiatan praktikum , pembuatan database dilakukan dengan mengklik Blank Database , selanjutnya akan muncul menu dialog seperti berikut :


h. Simpan file database akses dengan nama dbLatihan1 pada direktori kerja anda !
i. Selanjutnya akan muncul lembar kerja database dbLatihan1 sebagai berikut :


j. Berikut penjelasan dari komponen lembar kerja ( object ) dari database :

No Object Fungsi
1 Tables Digunakan untuk manajemen pengolahan tabel .
2 Queries Digunakan untuk menampilkan, menyunting dan menganalisis suatu data dengan cara lain .
3 Forms Digunakan untuk membuat kontrol-kontrol dalam proses memasukkan , memeriksa dan memperbarui data .
4 Reports Digunakan untuk menampilkan data yang telah diformat sesuai dengan ketentuan yang diberikan .
5 Pages Digunakan untuk menampilkan dan bekerja dengan data yang diambil dari internet atau intranet ( format web / html )
6 Macros Rangkaian beberapa perintah yang dapat disimpan dan dijalankan secara otomatis,misalnya membuka form, mencetak report dan sebagainya .
7 Modules Program-program yang ditulis dengan access basic .

k. Pelajari pola manajemen basis data dalam Microsoft Access !

5. Tugas.
Diskusikan tentang menjalankan aplikasi Microsoft Access , Komponen / lembar kerja Microsoft Access serta objek dalam database ! .







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang tabel .
 Mahasiswa mengerti tentang field .
 Mahasiswa dapat membuat tabel .
 Mahasiswa dapat memilih tipe data field sesuai dengan kebutuhan data .

2. Teori.
Baisdata ( Database ) merupakan kumpulan dari data-data yang berupa tabel . Sedangkan tabel mempunyai field-field. Dan field digunakan dalam menyimpan data . Sehingga dapat dianalogikan , tabel dalam database : kolom adalah field , sedang baris adalah isi data.
Secara global tipe data dalam database :
1. Bilangan Bulat : byte, integer, long integer
2. Bilangan Pecahan : decimal, float, double
3. String : char, var char, long char, text
4. Boolean : boolean , bit
5. Waktu : date , time, datetime

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.
Membuat Tabel
a. Buka file database dbLatihan1.mdb pada direktori kerja anda !
b. Terdapat data mengenai varietas kopi sebagai berikut :
Kode Varietas Nama Varietas Spesifikasi Biaya Produksi Harga Jual
A Arabica Rentan hama, Perawatan Rumit Rp 8.000 Rp 10.000,-
B Robusta Tahan hama, Perawatan Mudah Rp 6.500 Rp 8.000,-
C Exelca Tahan hama, Perawatan Mudah Rp 5.000 Rp 6.000,-

Berdasar data diatas dicoba buat tabel dengan cara sebagai berikut :
c. Buat tabel dengan mengklik bagian create table in design view pada tampilan berikut :

d. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut :


e. Isilah nama field dan tipe data sebagai berikut :
No Nama Field Tipe Data Field Size
1 Kode_varietas text 1
2 Nama_varietas text 20
3 Spesifikasi text 50
4 Biaya_produksi currency
5 Harga_jual currency

f. Sehingga didapat tampilan design view tabel sebagai berikut :


g. Pilih salah satu field sebagai field kunci ( primary key ), dalam hal ini adalah field kode_varietas seperti berikut :

h. Sehingga design tabel menjadi sebagai berikut :


i. Simpan tabel dengan menekan tombol , dengan nama varietas , seperti gambar berikut :


Mengisi data dalam Tabel
j. Tabel yang telah dibuat akan tampil pada object tables sebagai berikut :


k. Untuk mengisi tabel, dilakukan dengan klik ganda ( double klik ) pada tabel yang dipilih. Dalam hal ini tabel yang dipilih adalah tabel varietas , setelah diklik ganda akan muncul sebagai berikut :

l. Isikan tabel varietas sesuai dengan data mengenai varietas kopi !
m. Pelajari pola pembuatan tabel , penentuan nama field , penentuan tipe data field serta pengisian data berdasar tabel yang baru dibuat !

5. Tugas.
a. Buatlah tabel dengan nama pembeli berdasar data berikut :
Kode Pembeli Nama Pembeli Manajer Alamat Telpon
PBL001 PT KAPAL API ADI NUGROHO JL MERAK 164 JAKARTA 021-778065
PBL002 PT NESTLE MULYONO JL NIAS 78 SURABAYA 031-885643
PBL003 PT ABC RAHAYU JL SUMATERA 124 SURABAYA 031-841234
PBL004 PT SURYA KOPI AGUS JL TUNJUNGAN 200 SURABAYA 031-562389

Isilah tabel pembeli sesuai dengan data diatas .

b. Buatlah tabel dengan nama penjualan berdasar data berikut :
Nama Varietas Tanggal Pembeli Jumlah
Robusta 12-AGUSTUS-2006 PT KAPAL API 1000
Arabica 13-AGUSTUS-2006 PT NESTLE 2000
Exelca 14-AGUSTUS-2006 PT ABC 300
Exelca 16-AGUSTUS-2006 PT SURYA KOPI 4000
Robusta 17-AGUSTUS-2006 PT ABC 3000
Arabica 18-AGUSTUS-2006 PT NESTLE 6000

Isilah tabel penjualan sesuai dengan data diatas .







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti relasi antar table
 Mahasiswa mengerti primary key dan foreign key
 Mahasiswa dapat membuat relasi antar table menggunakan MS-ACCESS

2. Teori.
Primary key merupakan atribut ( field ) yang menjadi kunci atau parameter utama pada sebuah tabel. Data yang terdapat pada field primary key haruslah unique dan tidak boleh sama . Untuk memudahkan pengolahan data biasanya field primary key tersebut digunakan pada tabel lain dengan nama field dan tipe data yang sama. Field primary key yang digunakan pada tabel lain tersebut dikenal dengan nama foreign key.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 MS-Access

4. Pelaksanaan Praktek.
a. Buka kembali tugas tentang desain table dari praktikum 3 dengan data sebagai berikut :
Kode Pembeli Nama Pembeli Manajer Alamat Telpon
PBL001 PT KAPAL API ADI NUGROHO JL MERAK 164 JAKARTA 021-778065
PBL002 PT NESTLE MULYONO JL NIAS 78 SURABAYA 031-885643
PBL003 PT ABC RAHAYU JL SUMATERA 124 SURABAYA 031-841234
PBL004 PT SURYA KOPI AGUS JL TUNJUNGAN 200 SURABAYA 031-562389

Nama Varietas Tanggal Pembeli Jumlah
Robusta 12-AGUSTUS-2006 PT KAPAL API 1000
Arabica 13-AGUSTUS-2006 PT NESTLE 2000
Exelca 14-AGUSTUS-2006 PT ABC 300
Exelca 16-AGUSTUS-2006 PT SURYA KOPI 4000
Robusta 17-AGUSTUS-2006 PT ABC 3000
Arabica 18-AGUSTUS-2006 PT NESTLE 6000

b. Sehingga didapat desain table adalah sebagai berikut :
Tabel pembeli
No Nama Field Tipe Data
1 Kode_pembeli Text(6) PK
2 Nama_pembeli Text(30)
3 manajer Text(40)
4 Alamat_pembeli Text(50)
5 Telepon_pembeli Text(30)

Tabel Penjualan
No Nama Field Tipe Data
1 Kode_varietas Text(1)
2 Tanggal_penjualan date
3 Kode_pembeli Text(6)
4 Jumlah Number(integer)
c. Buka database yang telah anda buat dbLatihan1.
d. Implementasikan tabel pembeli berdasar desain tabel yang ada .
e. Sehingga didapatkan struktur ( design view ) dari tabel pembeli sebagai berikut :

f. Implementasikan tabel penjualan berdasar desain tabel yang ada .
g. Sehingga didapatkan struktur ( design view ) dari tabel penjualan sebagai berikut :

h. Dari data tabel-tabel diatas terlihat bahwa tabel varietas mempunyai primary key pada field kode_varietas serta tabel pembeli juga mempunyai primary key dengan field kode_pembeli.
i. Sedang tabel penjualan tidak mempunyai primary key, tetapi mempuntyai field-field yang menjadi primary key pada tabel lain. Field tersebut yang dikenal dengan sebagai foreign key.
j. Sehingga tabel penjualan mempunyai field foreign key yaitu kode_varietas dan kode_penjualan.
k. Untuk menghubungkan relasi antar tabel digunakan fungsi relationship, yang ada pada : Tools | Relationship , sebagai berikut :

l. Selanjutnya akan muncul dialog sebagai berikut :


m. Tambahkan ( add ) semua tabel dalam lember kerja relasi ( relationship ), dengen memilih tabel yang akan ditambahkan dan tekan tombol add . Sehingga muncul seperti berikut :


n. Dari keterangan sebelumnya didapatkan bahwa , tabel penjualan mempunyai field yang menjadi primary key ditabel lain yaitu kode_varietas pada tabel varietas serta kode_pembeli pada tabel pembeli.
o. Hubungkan field kode_varietas pada tabel varietas dengan field kode_varietas pada tabel penjualan,sehingga muncul dialog sebagai berikut :

p. Aktifkan bagian Enforce Referential Integrity dengan mengklik sehingga menjadi :

q. Selanjutnya tekan tombol create, sehingga tampilan pada lembar kerja relationship sebagai berikut :

r. Selanjutnya , buat hubungan ( relasi ) antara field kode_pembeli pada tabel pembeli dengan field kode_pembeli pada tabel penjualan, sehingga didapatkan hasil akhir lembar kerja relasi sebagai berikut :

s. Pahami proses pembuatan relasi antar tabel menggunakan tool relationship .
t. Isikan data pada tabel penjualan sesuai data yang ada , dengan memperhatikan relasi antar tabel .

5. Tugas.
Pahami proses pembuatan relasi antar tabel menggunakan tool relationship !







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang Query
 Mahasiswa mempu membuat Query
 Mahasiswa mengerti fungsi-fungsi dari Query

2. Teori.
Salah satu objek dalam database yang digunakan untuk mengolah data berdasar rumus atau ketentuan adalah query. Contoh pengolahan data yang sering terjadi adalah mengurutkan data, penyaringan data, penjumlahan data, dll. Pengolahan data ini biasanya menggunakan lebih dari satu tabel. Selain itu objek query yang sudah ada, bisa digunakan oleh query yang lainnya.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 MS-Access

4. Pelaksanaan Praktek.
a. Buka databse dblatihan1.mdb pada direktori kerja anda.
b. Untuk bekerja dalam object Query, maka tombol Queries harus ditekan seperti gambar berikut :


c. Sehingga muncul object Query seperti berikut :


Query antar tabel
d. Query secara garis besar digunakan untuk menampilkan atau mengolah data pada lebih dari satu tabel yang telah direlasikan. Dari kegiatan praktikum yang lalu, telah dibuat tiga tabel yang telah direlasikan yaitu tabel varietas, pembeli dan penjualan.
e. Untuk kegiatan praktikum query kali ini dilakukan pengolahan data dari tabel-tabel yang ada guna didapatkan informasi kode varietas, nama varietas, spesifikasi, tanggal penjualan dan jumlah .
f. Langkah pertama yang dilakukan adalah menginventaris daftar tabel dan field yang akan ditampilkan yaitu :
No Nama Field Nama Tabel
1 Kode_varietas varietas
2 Nama_varietas varietas
3 Spesifikasi varietas
4 Tanggal_penjualan penjualan
5 Jumlah penjualan
Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa tabel yang digunakan dalam pengolahan query adalah 2 tabel yaitu : varietas dan penjualan.
g. Berikutnya adalah membuat design query dengan cara memilih Create query in Design View pada lembar kerja Queries , selanjutnya akan muncul menu dialog sebagai berikut :

h. Pilih tabel sesuai dengan tabel-tabel yang dibutuhkan yaitu tabel varietas dan penjualan, sehingga didapatkan tampilan sebagai berikut :

i. Sekarang pilih pada bagian field sesuai dengan urutan field yang akan ditampilkan , dalam hal ini field yang akan kita pilih adalah varietas.kode_varietas ( nama_tabel.nama_field ) seperti gambar berikut :


j. Lanjutkan untuk menampilkan field berikutnya yaitu field nama_varietas pada tabel varietas hingga field terakhir yaitu field tanggal_pembelian pada tabel penjualan seperti tampilan berikut :



k. Simpan Query dengan nama latihan1 seperti gambar berikut :



l. Berikut tampilan query yang ada dalam lembar kerja queries :

m. Untuk melihat hasil pengolahan data dari query , klik dua kali query yang ingin dibuka / ditampilkan data. Coba buka query latihan1 , dan dapatkan tampilan data sebagai berikut :

n. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas, spesifikasi, harga jual, dan jumlah . Simpan dengan nama latihan2 .
o. Buat query untuk menampilkan informasi nama pembeli, alamat pembeli, kode pembeli, tanggal penjualan, jumlah . Simpan dengan nama latihan3 .
p. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas , kode varietas, nama pembeli, alamat pembeli, tanggal penjualan. Simpan dengan nama latihan4 .

Memasukkan kriteria dalam Query
q. Kriteria adalah suatu pernyataan yang digunakan untuk memfilter data dari query berdasar data tertentu pada field yang dipilih.
r. Berdasar query dengan informasi yang ditampilkan nama varietas, kode varietas, harga jual dan tanggal penjualan , pada field kode varietas dilakukan pemfilteran bagi data bernilai ’A’.
s. Tahapan pertama yang dilakukan adalah membuat query informasi yang ditampilkan nama varietas, kode varietas, harga jual dan tanggal penjualan seperti berikut :


t. Pada field yang akan difilter diisi criteria yang diinginkan. Dalam hal ini field yang akan difilter adalah kode varietas dengan criteria data sama dengan ’A’ seperti berikut :

u. Simpan Query tersebut dengan nama latihan5. Buka query latihan5 untuk melihat data hasil query.
v. Criteria lain yang biasanya digunakan adalah like. Like digunakan untuk memfilter suatu data berdasar kata kunci yang dimiliki oleh data tersebut .Misalnya dari field nama varietas akan difilter bagi data yang mengandung kata ’rob’, maka criteria yang diisikan pada field kode_varietas adalah like ’*rob*’ .
w. Buat query untuk menampilkan informasi nama pembeli,manajer pembeli, telepon pembeli, tanggal penjualan, jumlah , dengan criteria manajer pembeli sama dengan ’agus’. Simpan dengan nama latihan6
x. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas, kode varietas, nama pembeli, kode pembeli pembeli, alamat pembeli, tanggal penjualan, jumlah , dengan criteria kode varietas sama dengan ’B’ dan nama pembeli mengadung kata ’kapal’ . Simpan dengan nama latihan7.

Query untuk mengurutkan data
y. Untuk mengurtkan data mengunakan atribut sort beserta model pengurutan data yang dipilih. Kalau model ascending adalah model pengurutan dari kecil ke besar, sedangkan descending adalah model pengurutan dari besar ke kecil.
z. Untuk kegiatan praktikum ini, lakukan pengurutan pada query latihan1 berdasar model ascending.
å. Pilih query latihan1, lalu klik kanan dan pilih design view seperti gambar berikut :


ä. Pada design view yang ditampilkan dilakukan penambahan variabel sort dengan model ascending pada field kode_varietas seperti berikut :


ö. Simpan query latihan1 , dan buka lagi untuk melihat perubahan tampilan data pada latihan1.
aa. Lakukan pengurutan data pada query latihan2 dengan model descending berdasar field nama varietas.
ee. Lakukan pengurutan data pada query latihan3 dengan model ascending berdasar field jumlah.
ff. Lakukan pengurutan data pada query latihan4 dengan model descending berdasar field nama pembeli.

Memasukkan parameter dalam Query
dd. Parameter digunakan untuk mengotomatisi kriteria berdasar input dari pengguna, bukan yang telah didefinisikan. Penanda parameter diapit dengan tanda kurung siku( [nama parameter] ) pada field yang akan difilter.
ee. Buat query untuk menampilkan informasi kode pembeli, nama pembeli,telepon pembeli, jumlah penjualan , dengan parameter data yang akan difilter pada field kode pembeli.
ff. Tahapan pertama adalah pembuatan query dengan informasi yang diinginkan (informasi kode pembeli, nama pembeli,telepon pembeli, jumlah penjualan ).
gg. Selanjutnya ditambahkan parameter pada bagian criteria sesuai dengan field yang akan difilter seperti berikut :

hh. Simpan query ini dengan nama latihan8.
ii. Kriteria adalah suatu pernyataan yang digunakan untuk memfilter data dari query berdasar data tertentu pada field yang dipilih.
jj. Buat query dengan informasi nama varietas, kode varietas, harga jual dan tanggal penjualan, dengan parameter field kode varietas , dan simpan dengan nama Latihan9.
kk. Buat query dengan informasi nama pembeli, alamat pembeli, kode pembeli, tanggal penjualan, jumlah, dengan parameter field nama pembeli , dan simpan dengan nama Latihan10.

Kalkulasi data dalam Query
ll. Dengan query dapat dilakukan pengolahan data berupa kalkulasi total record atau group record. Sebagai contoh anda dapat melakukan kalkulasi total dari suatu kategori.
mm. Kalkulasi data yang didukung yaitu :
Sum : digunakan untuk menjumlah data pada record
Avg : menghitung nilai rata-rata dari data
Min : mendapatkan nilai terkecil dari data
Max : mendapatkan nilai terbesarl dari data
Count : menghitung jumlah record yang ada
First : mendapatkan record data pertama
Last : mendapatkan record data terakhir
qq. Buat query dengan untuk menampilkan informasi jumlah penjualan total untuk tiap varietas yang ada.
rr. Dari sini dapat dianalisa bahwa kebutuhan informasi yang dibutuhkan adalah nama varietas ( tabel varietas ) dan jumlah ( tabel penjualan ) . Sehingga langkan pertama yang dilakukan adalah membuat query dengan informasi nama varietas dan jumlah penjualan .
ss. Selanjutnya aktifkan fungsi kalkulasi dengan cara menekan tombol pada toolbar. Sehingga pada bagian design query muncul bagian total . Pada bagian total , untuk field yang dijadikan acuan dipilih group by sedangkan field yang akan dikalkulasi dipilih sesuai fungsi yang diinginkan . Berarti field yang dijadikan acuan adalah nama varietas sedangkan field yang akan dikalkulasi adalah jumlah , seperti berikut :

tt. Simpan query tersebut dengan nama latihan11.
uu. Buat query dengan untuk menampilkan informasi jumlah penjualan total untuk tiap pembeli . Simpan dengan nama latihan12.
vv. Buat query dengan untuk menampilkan informasi rata-rata jumlah penjualan untuk tiap varietas . Simpan dengan nama latihan13.

5. Tugas.
Pahami proses – proses pengolahan data menggunakan query !







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang forms
 Mahasiswa mampu membuat forms

2. Teori.
Forms merupakan object atau komponen dari database yang digunakan untuk menampilkan dan memasukkan data. Dengan menggunakan fasilitas form, dapat menampilkan lembar kerja input data dengan tampilan yang lebih menarik. Pada kondisi tertentu dapat menempatkan keseluruhan data record pada layar, termasuk sejumlah baris setiap memo yang memiliki data teks cukup banyak. Microsoft Access juga menyediakan fasilitas form wizard yang dapat digunakan untuk merancang sejumlah susunan ( layout ) form yang umum.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.

a. Buka database dblatihan1.mdb .
b. Untuk bekerja dengan objek form, maka tekan / klik tombol forms seperti berikut :


c. Sehingga muncul tampilan object forms seperti berikut :

d. Pada praktikum kali ini , akan dibuat form untuk tabel pembeli. Langkah pertama adalah dengan memilih Create Form By Using Wizard , kemudian muncul tampilan sebagai berikut :


e. Pilih field dari tabel agar dapat muncul pada form. Untuk tabel pembeli ini, masukkan semua field dalam form sehingga menjadi tampilan sebagai berikut :


f. Selanjutnya tekan tombol next untuk menuju bagian pemilihan tampilan ( layout ) seperti berikut :

g. Ada banyak pilihan layout untuk form, sebagai default dipilih model columnar. Selanjutnya tekan next untuk menuju dari form seperti berikut :


h. Selanjutnya akan muncul form dialog terakhir yaitu pemberian nama form. Untuk kegiatan praktikum ini nama formnya adalah pembeli seperti gambar berikut :


i. Selanjutnya muncul tampilan form pembeli sebagai berikut :


j. Berdasar data dibawah ini, isikan pada form pembeli :

Kode Pembeli Nama Pembeli Manajer Alamat Telpon
PBL005 PT INDOCAFE RIDWAN WISMA PERMAI III/12 SURABAYA 031-5920620
PBL006 PT GOOD DAY UJANG BARKOWI JL BANDENG 90 SURABAYA 031-8415000
PBL007 PT MOCCACHINO SOEKOTJO JL KRANCI 87 JAKARTA 021-5263781
PBL008 PT TONGKAT ALI BUDIYANTO JL MUTIARA 86 BOGOR 021-4356289

k. Buatlah form untuk tabel varietas.
l. Buatlah form untuk tabel penjualan.
m. Berdasar data dibawah ini, isikan pada form penjualan :

Nama Varietas Tanggal Pembeli Jumlah
Robusta 22-AGUSTUS-2006 PT INDOCAFE 1000
Arabica 22-AGUSTUS-2006 PT NESTLE 2000
Exelca 23-AGUSTUS-2006 PT GOOD DAY 300
Exelca 24-AGUSTUS-2006 PT SURYA KOPI 4000
Robusta 25-AGUSTUS-2006 PT ABC 3000
Arabica 25-AGUSTUS-2006 PT MOCCACHINO 6000
Robusta 25-AGUSTUS-2006 PT KAPAL API 1000
Arabica 26-AGUSTUS-2006 PT MOCCACHINO 2000
Exelca 26-AGUSTUS-2006 PT TONGKAT ALI 300
Exelca 27-AGUSTUS-2006 PT TONGKAT ALI 4000
Robusta 28-AGUSTUS-2006 PT INDOCAFE 3000
Arabica 28-AGUSTUS-2006 PT GOOD DAY 6000

5. Tugas.
Pelajari tentang proses pembuatan Form!







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang report
 Mahasiswa mampu membuat report

2. Teori.
Report atau laporan didefinisikan sebagai bentuk olahan data yang didesain untuk dicetak kedalam sebuah mesin pencetak atau printer. Oleh sebab itu Microsoft Access menampilkan report dalam bentuk Print Preview. Microsoft Access memudahkan pekerjaan pembuatan laporan ( Report ) karena menyediakan fasilitas Report Wizards yang mampu digunakan untuk merancang berbagai bentuk report.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.

a. Buka database dbLatihan1.mdb !
b. Untuk bekerja dengan objek report, maka tekan / klik tombol report seperti berikut :


c. Selanjutnya akan muncul objek forms sebagai berikut :

d. Pada praktikum kali ini akan dibuat report berdasar data dari tabel varietas. Langkah pertama adalah dengan memilih Create Reports By Using Wizard , kemudian muncul tampilan sebagai berikut :

e. Pilih tabel yang akan dibuat report nya, dalam hal ini tabel yang dipilih adalah varietas. Selain itu tambahkan semua field dalam report yang akan ditampilkan, seperti tampilan berikut :


f. Selanjutnya muncul dialog mengenai penampilan data report berdasar group field tertentu. Karena tabel varietas bukan tabel transaksi maka tidak perlu ditampilkan berdasar group field tertentu. Sehingga dilanjutkan dengan menekan tombol next !


g. Selanjutnya dilakukan pemilihan field mana yang dijadikan acuan dalam pengurutan data, seperti berikut :


h. Selanjutnya dilakukan pemilihan tata tampilan layout dari report yang akan dibuat, seperti berikut :

i. Selanjutnya dilakukan pemilihan style dari report yang akan dibuat , seperti berikut :


j. Selanjutnya adalah penyimpanan file report dengan nama varietas pada dialog sebagai berikut :

k. Selanjutnya akan muncul tampilan dari report varietas sebagai berikut :


l. Buat reports untuk tabel pembeli !
m. Buat reports untuk tabel penjualan !
n. Buat reports untuk query latihan1 !
o. Buat reports untuk query latihan2 !
p. Buat reports untuk query latihan3 !
q. Buat reports untuk query latihan4 !
r. Buat reports untuk query latihan5 !
s. Buat reports untuk query latihan6 !
t. Buat reports untuk query latihan7 !
u. Buat reports untuk query latihan8 !
v. Buat reports untuk query latihan9 !
w. Buat reports untuk query latihan10 !!

5. Tugas.
Pelajari tata cara dan proses pembuatan report !







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang rencana pembuatan tabel berdasar studi kasus
 Mahasiswa mampu membuat tabel berdasar studi kasus

2. Teori.
Disampaikan pada saat kegiatan praktikum atau kegiatan praktikum sebelumnya.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.

Studi Kasus
Perusahaan Perkebunan Kopi PT Kopi Nikmat , mempunyai produksi kopi dengan beberapa varietas yaitu :
Kode Varietas Nama Varietas Spesifikasi
VAR001 Robusta Tahan hama, Perawatan Mudah
VAR002 Exelca Tahan hama, Perawatan Mudah
VAR003 Arabica Rentan hama, Perawatan Rumit

PT Kopi Nikmat mempunyai beberapa area lapang perkebunan yaitu :

Kode area Nama Area Pimpinan Area Luas Area (ha)
AR001 Area Utara I SUSESTYO 100000
AR002 Area Utara II PRIYOJATI 200000
AR003 Area Utara III AGUS 350000
AR004 Area Selatan I HARIYANTO 150000
AR005 Area Selatan II BUKHARI 250000
AR006 Area Timur I YAHYA 600000
AR007 Area Timur II ABDUL 200000
AR008 Area Barat I KHOLIK 300000
AR009 Area Barat II BAMBANG 250000
AR010 Area Barat III HENKY 300000

Berdasar data diatas kerjakan kegiatan praktikum berikut :
a. Buat database baru dengan format nama nim-anda pada direktori kerja anda. Misal nim anda K4106005, maka database anda K4106005 !
b. Buat tabel-tabel berdasar data-data yang ada di studi kasus diatas ! Untuk tabel pertama diberi nama tabel varietas dan data kedua diberi nama tabel area .
c. Lakukan pengisian data untuk tabel varietas dan area berdasar data tersebut diatas .

5. Tugas.
Hasil file database pada praktikum 8 ini dikumpulkan sesuai instruksi saat kegiatan praktikum ¡







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang rencana pembuatan relasi tabel berdasar studi kasus
 Mahasiswa mampu membuat relasi tabel berdasar studi kasus

2. Teori.
Disampaikan pada saat kegiatan praktikum atau kegiatan praktikum sebelumnya.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.
Studi Kasus
Disamping data-data yang ada pada studi kasus di Praktikum 8, ternyata Perusahaan Perkebunan Kopi PT Kopi Nikmat mempunyai data transaksi penyimpanan hasil kopi sebagai berikut :

Nama Varietas Nama Area Tanggal Jumlah ( Ton )
Robusta Area Timur I 2 Mei 2007 36000
Exelca Area Timur II 2 Mei 2007 23000
Arabica Area Barat I 4 Mei 2007 16000
Exelca Area Barat II 4 Mei 2007 35000
Arabica Area Selatan II 9 Juni 2007 36000
Exelca Area Timur I 9 Juni 2007 136000
Exelca Area Timur II 9 Juni 2007 43000
Arabica Area Barat I 11 Juni 2007 76000
Arabica Area Barat II 11 Juni 2007 13000
Exelca Area Barat III 13 Juni 2007 38000
Arabica Area Utara III 13 Juni 2007 53000
Exelca Area Selatan I 6 Juli 2007 23000
Arabica Area Selatan II 6 Juli 2007 33000
Exelca Area Timur I 16 Juli 2007 66000
Exelca Area Timur II 16 Juli 2007 56000
Arabica Area Barat I 16 Juli 2007 38000
Exelca Area Barat II 26 Juli 2007 32000
Arabica Area Timur I 26 Juli 2007 46000
Exelca Area Timur II 26 Juli 2007 93000
Exelca Area Barat I 26 Juli 2007 13000
Arabica Area Barat II 8 Agustus 2007 76000
Exelca Area Barat III 8 Agustus 2007 53000
Exelca Area Utara III 18 Agustus 2007 16000
Arabica Area Selatan I 18 Agustus 2007 73000
Exelca Area Selatan II 18 Agustus 2007 96000

Berdasar data diatas kerjakan kegiatan praktikum berikut :
a. Buka database yang telah dibuat pada praktikum 8 ! ( database dengan nama sesuai dengan nim anda ) pada direktori kerja anda .
b. Berdasar data transaksi penyimpanan hasil kopi diatas serta tabel – tabel yang telah dibuat di praktikum 8, buat lah tabel dengan nama penyimpanan !
c. Buat relasi antara tabel varietas, tabel area dan tabel penyimpanan dengan tool relationship !
d. Isilah tabel penyimpanan sesuai dengan data diatas !
5. Tugas.
Hasil file database pada praktikum 9 ini dikumpulkan sesuai instruksi saat kegiatan praktikum ¡







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang pembuatan query berdasar relasi tabel yang ada berdasar studi kasus
 Mahasiswa mampu membuat query berdasar kebutuhan informasi yang ada

2. Teori.
Disampaikan pada saat kegiatan praktikum atau kegiatan praktikum sebelumnya.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.
Berdasar tabel dan relasi yang telah dibuat pada praktikum 8 dan 9 , kerjakan kegiatan berikut :
a. Buka database yang telah dibuat pada praktikum 8 ! ( database dengan nama sesuai dengan nim anda ) pada direktori kerja anda .
b. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas, spesifikasi, tanggal , jumlah , simpan dengan nama query1.
c. Buat query untuk menampilkan informasi kode area, nama area, luas, jumlah , simpan dengan nama query2.
d. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas, nama area, spesifikasi, luas area, tanggal, jumlah , simpan dengan nama query3.
e. Buat query untuk menampilkan informasi kode area, nama area, nama varietas, pimpinan area, jumlah , simpan dengan nama query4.
f. Buat query untuk menampilkan informasi kode area, nama area, jumlah , pada field kode area dilakukan pemfilteran bagi data bernilai sama dengan ’AR003’ simpan dengan nama query5.
g. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas, kode varietas, tanggal, jumlah , pada field nama varietas dilakukan pemfilteran bagi data yang mengandung kata ’b’ simpan dengan nama query6.
h. Buat query untuk menampilkan informasi nama area, nama varietas, pimpinan area, luas area, tanggal, jumlah , pada field pimpinan area bagi data yang mengandung kata ’a’ dan data nama varietas mengandung kata ‘r’ , simpan dengan nama query7.
i. Lakukan pengurutan data pada query2 dengan model descending berdasar field nama area.
j. Lakukan pengurutan data pada query4 dengan model ascending berdasar field nama varietas.
k. Lakukan pengurutan data pada query7 dengan model descending berdasar field pimpinan area.
l. Buat query untuk menampilkan informasi kode area, nama area, luas, jumlah , dengan pemberian parameter pada field kode area . simpan dengan nama query8.
m. Buat query untuk menampilkan informasi kode varietas, nama varietas, nama area, luas area, tanggal, jumlah , dengan pemberian parameter pada field kode varietas . Simpan dengan nama query9.
n. Buat query untuk menampilkan informasi nama varietas, spesifikasi, tanggal , jumlah , dengan pemberian parameter pada field nama varietas. Simpan dengan nama query10.
o. Buat query untuk menampilkan informasi jumlah stok kopi untuk tiap area, simpan dengan nama query11.
p. Buat query untuk menampilkan informasi rata-rata jumlah stok untuk tiap varietas , simpan dengan nama query12.
5. Tugas.
Hasil file database pada praktikum 10 ini dikumpulkan sesuai instruksi saat kegiatan praktikum ¡







1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Mahasiswa mengerti tentang pembuatan form query berdasar studi kasus
 Mahasiswa mampu membuat form berdasar kebutuhan informasi yang ada
 Mahasiswa mengerti tentang pembuatan form query berdasar studi kasus
 Mahasiswa mampu membuat form berdasar kebutuhan informasi yang ada

2. Teori.
Disampaikan pada saat kegiatan praktikum atau kegiatan praktikum sebelumnya.

3. Alat dan Bahan.
 B K P M
 Microsoft Access

4. Pelaksanaan Praktek.

a. Buka database yang telah dibuat pada praktikum 8 ! ( database dengan nama sesuai dengan nim anda ) pada direktori kerja anda .
b. Buat form untuk tabel varietas !
c. Buat form untuk tabel area !
d. Buat form untuk tabel penyimpanan !
e. Buat reports untuk tabel area !
f. Buat reports untuk tabel varietas !
g. Buat reports untuk tabel penyimpanan !
h. Buat reports untuk query1 !
i. Buat reports untuk query2 !
j. Buat reports untuk query3 !
k. Buat reports untuk query4 !
l. Buat reports untuk query5 !
m. Buat reports untuk query6 !
n. Buat reports untuk query7 !
o. Buat reports untuk query8 !
p. Buat reports untuk query9 !
q. Buat reports untuk query10 !
r. Buat reports untuk query11 !
s. Buat reports untuk query12 !

5. Tugas.
Hasil file database pada praktikum 11 ini dikumpulkan sesuai instruksi saat kegiatan praktikum ¡

Tidak ada komentar: