Sabtu, 18 April 2009

TIPUS

3 tahun yang lalu saya pernah kena tipus dan menurut dokter bahwa penyakit tipus timbul bukan karena kecapean. Saya terkena penyakit tersebut karena daya tahan tubuh pada saat itu sangat menurun dan makan makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Jadi kalau lagi musim tipus, jangan jajan sembarangan, cuci tangan yang bersih, kalau ada binatang yang sudah mencicipi makanan kita buang saja dan tutuplah makanan bila kita belum mau memakannya. Walaupun ga musim tipus, tetap jangan jajan sembarangan dan jaga kebersihan makanan.

Dibawah ini keterangan penyakit tersebut yang diambil dari majalah Sedap Sekejap Edisi 4/III/2002 di bagian Konsultasi Gizi oleh Sitawati, D.cn.

Salam sejahtera Ibu Sita,

Ibu Sita yang baik, saya baru saja sembuh dari sakit tipus dan sekarang dalam masa penyembuhan. Sejak sakit sampai sekarang, selera makan saya turun dratis sekali. Saya cepat sekali menjadi lelah dan tidak bertenaga jika melakukan kegiatan. Padahal sebelum sakit, saya dijuluki “power girl”. Saya sekarang berumur 29 tahun dan tinggi badan 155 cm dan berat 35 kg, kurus sekali, kan, Bu ?

Yang ingin saya tanyakan, makanan dan minuman yang bagaimana yang cocok dan makanan apa pula yang harus saya pantangi untuk mengembalikan nafsu makan saya sehingga menjadi gemuk dan sehat ? Apakah minum susu full cream + madu (tanpa gula) sebelum tidur cepat mengembalikan berat badan saya? Apakah tipus bisa kambuh lagi jika pola makan saya salah? Mohon penjelasan dari Ibu.

Oh ya, saya punya riwayat sakit asma sewaktu kecil dan kadang-kadang kambuh jika udara penuh asap kabut sewaktu kemarau seperti waktu-waktu lalu. Syukur tidak parah sampai perlu dirawat di rumah sakit. Selain asma, saya juga menderita tukak lambung yang sering kambuh jika saya stres dan kelelahan.

Demikian surat saya dan atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.

Grace S.N., S. Hut

Grace yang baik,

Semoga dapat segera kembali ke kondisi semula sebelum sakit. Di bawah ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang penyakit tifoid. Tifoid atau biasa disebut dengan demam tifoid adalah suatu infeksi bakterial yang mencakup seluruh tubuh, terutama pada usus halus.

Penyakit ini menular melalui air dan makanan yang tercemar oleh air seni dan kotoran penderita tifoid. Ada penderita yang sudah mendapat pengobatan, tetapi di dalam air seni dan kotorannya masih mengandung bakteri. Penderita ini disebut sebagai pembawa (carrier) dan dapat menularkan penyakit pada orang lain, atau melalui lalat, kecoa, juga tikus.

Penyakit tipus mempunyai gejala antara lain :

* Demam yang meningkat, sementara penderita merasa dingin
* Tidak ada nafsu makan
* Sakit kepala, batuk
* Sukar buang air besar
* Mengigau
* Sangat lemah dan berat badan menurun
* Perut bengkak dan sakit

Penderita tipus dapat mengalami komplikasi perdarahan pada usus halus dan usus halus berlubang, infeksi paru, infeksi empedu. Malangnya pula penyakit ini dapat kambuh sesudah 2 minggu pemberian antibiotik.

Pencegahan :

* Makanlah makanan dan minuman yang sudah dimasak
* Lindungi makanan dari lalat, kecoa dan tikus
* Cucilah tangan dengan sabun setelah ke WC
* Hindari jajan ditempat yang kurang bersih

Grace, rasa lelah dan tidak bertenaga dapat disebabkan oleh selera makan yang turun drastis sekali, kurang masukkan makanan/zat-zat gizi yang diperlukan tubuh. Dengan berat badan 35 kg Anda akan tampak turun sekali. Cobalah untuk sedikit memaksakan diri untuk makan agar kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi dapat terpenuhi. Tentu memang sedikit susah, tetapi cobalah makan dengan porsi kecil dengan frekwensi yang sedikit sering. Pilihlah makan yang tidak merangsang (pedas, asam) hindari makanan terlalu berlemak (tart, jeroan, usus, babat, dll), makanan yang bergas (nangka, nanas, ubi, ketan dsb).

Minum susu sebelum tidur boleh saja, tetapi untuk mengembalikan berat badan yang penting adalah meningkat nafsu makan. Karena meskipun minum susu sebelum tidur, tetapi jika tidak makan dengan teratur, berat badan Anda tidak akan bertambah.

November 28th, 2006

Dengan pola makan yang tidak teratur dan menyantap makanan yang kurang bersih, tentunya dapat memunculkan tipus kembali.

Jumlah BM sehari yang dapat dikonsumsi kurang lebih 2500 kal.

Bahan makanan yang baik dikonsumsi :

Beras, tepung beras, sagu, ayam, ikan, telur, daging, susu, tahu, tempe, pepaya, pisang, bayam, wortel, labu siam dll

Hindari :

Singkong, ubi, kentang, dendeng, corned, sardines (makanan awetan), tape, nanas, nangka, daun singkong dll yang bertekstur kasar.

Tidak ada komentar: