Selasa, 24 Maret 2009

TANAMAN OBAT INDONESIA

Total hits 1

Sidoarjo, 9 April 2008

TANAMAN OBAT INDONESIA

Informasi tentang khasiat Kayu Secang sebagai tanaman obat ini, saya peroleh dari situs Sentra Informasi IPTEKyang situs aslinya http://www.iptek.net.id yang kebetulan sekali saya ada kenalan yang memiliki usaha kayu secang, tapi tidak mampu memasarkan. Bagi Pengusaha yang ingin mencari Kayu Secang dalam jumlah banyak ataupun sedikit, silahkan menghubungi saya. Juga jika anda ingin bekerja sama untuk memasarkan bisnis ini bisa berhubungan dengan saya, alamat dibawah ini.

Nama Bpk. Siswo Utomo, SE
Alamat
Perum Pondok Dadapan Permai Blok A-8
Segoro Tambak, Sedati-Sidoarjo, Indonesia
No. Telpon 62031-71875111, HP. 085 645 154 376
Email edisiswo@yahoo.com

Kalau anda ingin tahu informasi lebih lanjut tentang tanaman obat ini, silahkan kunjungi situsnya di http://www.iptek.net.id




Secang

(Caesalpia sappan L.)

Sinonim :

Familia :
Caesalpiniaceae


Uraian :
Tanaman ini menyenangi tempat terbuka sampai ketinggian 1.000 m dpl., seperti di daerah pegunungan yang berbatu tetapi tidak terlalu dingin. Secang tumbuh liar dan kadang ditanam sebagai tanaman pagar atau pembatas kebun. Perdu atau pohon kecil, tinggi 5-10 m, batang dan percabangannya berduri tempel yang bentuknya bengkok dan letaknya tersebar, batang bulat, warnanya hijau kecoklatan. Daun majemuk menyirip ganda, panjang 25-40 cm, jumlah anak daun 10-20 pasang yang letaknya berhadapan. Anak daun tidak bertangkai, bentuknya lonjong, pangkal rompang, ujung bulat, tepi rata dan hampir sejajar, panjang 10-25 mm, lebar 3-11 mm, warnanya hijau. Bunganya bunga majemuk berbentuk malai, keluar dari ujung tangkai dengan panjang 10-40 cm, mahkota bentuk tabung, warnanya kuning. Buahnya buah polong, panjang 8-10 cm, lebar 3-4 cm, ujung seperti paruh berisi 3-4 biji, bila masak warnanya hitam. Biji bulat memanjang, panjang 15-18 mm, lebar 8-1 1 mm, tebal 5-7 mm, warnanya kuning kecoklatan. Panenan kayu dapat dilakukan mulai umur 1-2 tahun. Kayunya bila digodok memberi warna merah gading muda, dapat digunakan untuk pengecatan, memberi warna pada bahan anyaman, kue, minuman atau sebagai tinta. Perbanyakan dengan biji atau stek batang.


Nama Lokal :
Secang (Sunda), kayu secang, soga jawa (Jawa),;


Penyakit Yang Dapat Diobati :
Diare, disentri, batu darah (TBC), luka dalam, sifilis, darah kotor,; Muntah darah, berak darah, luka berdarah, memar berdarah; Malaria, tetanus, tumor, radang selaput lendir mata.;

Pemanfaatan :

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Sepat tidak berbau. Menghentikan perdarahan, pembersih darah, pengelat, penawar racun dan antiseptik. KANDUNGAN KIMIA: Kayu: Asam galat, tanin, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene, minyak atsiri. Daun: 0,16%-0,20% minyak atsiri yang berbau enak dan hampir tidak berwarna.




Leave Comment

Tidak ada komentar: